HP Lemot? Lakukan 5 Cara Ampuh ini Dijamin Ngebut Kembali

Permasalahan yang umum terjadi pada perangkat ponsel yaitu Hp lemot tentu hal ini membuat pengguna kesal, perangkat elektronik merupakan perangkat yang rentan mengalami kerusakan. kerusakan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia pemakaian, maupun juga faktor dari luar.

Penyebab utama penurunan kinerja ponsel terletak pada sistem operasi salah satu umum terjadi penurunan ini biasanya disebabkan oleh Virus, untuk mengatasi Hp lambat atau lemot membutuhkan solusi yang berbeda jika permasalahan yang muncul akibat kerusakan dari segi Hardware, tidak ada cara lain selain mengganti komponennya atau sekalian mengganti ponselnya.

Namun jika lemotnya ponsel bukan disebabkan oleh kerusakan hardware, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Bersihkan Memori Internal
Salah satu penyebab menurunnya kinerja ponsel yang dialami oleh pengguna biasanya diakibatkan oleh menipisnya memori internal ponsel, baik itu ponsel yang memiliki kapasitas memori besar atau kecil, kinerjanya akan melambat saat data-data dalam ponsel membuat penuh memori internal.

Solusinya kurangi  menyimpan file di memori internal terlebih jika file tersebut memakan kapasitas yang besar seperti file video, gunakan memori luar (exsternal memory) bagi ponsel-ponsel yang mendukung fitur tersebut, karena kebanyakan untuk ponsel jaman sekarang telah dibekali dengan memori internal yang besar sehingga tidak memerlukan memori tambahan atau memori luar.

Untuk mengatasi memori internal penuh bisa juga dengan membersihkan data sampah atau cache yang tersimpan sehingga tidak mengalami penumpukan seiring dengan lama penggunaan ponsel.

Ada baiknya pengguna ponsel membersihkan data cache yang tersimpan secara rutin, terutama bagi pengguna dengan memori internal yang sangat kecil di poselnya. Hal ini dapat digunakan untuk mengatasi Hp mulai lemot.

2. Kelola Aplikasi
Banyaknya aplikasi yang terinstal pada ponsel juga dapat membuat memori ponsel kehabisan ruang selain itu kapasitas RAM juga akan berkurang karena banyaknya aplikasi yang berjalan, Hal tersebut dapat terjadi diakibatkan karena beberapa aplikasi yang terinstal di perangkat dengan sistem operasi dapat berjalan dibelakang layar tanpa kita sadari.

Solusinya yaitu dengan memberhentikan aplikasi yang berjalan di layar belakang dengan cara paksa berhenti atau menguninstal aplikasi yang dirasa kurang berguna.

Bisa juga dengan cara menginstal aplikasi yang memiliki fungsi ganda seperti memilih browser dibandingkan harus menginstal aplikasi terpisah facebook, instagram, twitter, dan lainnya.

3. Tingkatkan Keamanan Ponsel
Berbagai macam peretas yang sengaja memasukan virus ke dalam suatu aplikasi untuk keuntungan pribadi efek virus yang ditimbulkannya berbeda-beda tergantung jenis virusnya salah satunya yaitu menginstal aplikasi sendiri tanpa diketahui oleh pengguna yang menyebabkan perangkan jadi lambat.

untuk mengatasinya yaitu jangan mendownload aplikasi sembarangan yang kurang terpercaya, download aplikasi yang tersedia di Google Play agar aplikasi bebas dari virus.

Instal juga aplikasi Anti Virus pada perangkat yang dirasa cocok, namun perlu diingat tidak usah banyak-banyak karena juga dapat mempengaruhi kinerja perangkat.

4. Perbarui Sistem dan aplikasi
Penggunaan sistem perangkat yang telah usang dapat menghambat kinerja ponsel. Hal ini dapat terjadi karena perlunya kesesuaian antara aplikasi dengan sistem yang digunakan. Biasanya, aplikasi baru dapat berjalan dengan baik di sistem yang baru sesuai dengan berkembangnya fitur yang diperlukan oleh aplikasi.

Oleh karena itu, pengguna harus sering megecek pembaruan sistem perangkat ponsel. Pengguna juga harus memperbarui aplikasi-aplikasi ke versi baru, yang biasanya menawarkan perbaikan bug di dalamnya.

5. Reset Pabrik/Instal Ulang
Mengembalikan keadaaan sistem perangkat ke pengaturan semula (Setelan Pabrik) salah satu menjadi andalan pengguna saat ponsel mengalami kinerja yang menurun. Solusi ini dapat menyelesaikan beberapa permasalahan yang diakibatkan oleh memori internal penuh, virus, sistem perangkat error, dsb.

Jika permasalahan ponsel tidak dapat diatasi menggunakan beberapa cara diatas, ada baiknya pengguna melakukan reset pabrik. Tetapi jika masih tetap tidak dapat diatasi cobalah untuk menginstal ulang sistem yang sesuai dengan perangkat ponsel yang digunakan.

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi kinerja Hp yang melambat atau lemot semoga permasalahan pada ponsel Anda cepat teratasi.

Baca juga:

Tags:

0 komentar



Emoticon