Kenapa Kamu Dijauhi Teman? ini Alasannya

Kita sebagai manusia pasti membutuhkan satu sama lain karena kita sebagai makhluk sosial, salah satu bentuk dari sosialisasi yaitu berinteraksi dengan teman-teman.

Pasti semua orang ingin memiliki banyak teman, baik itu teman bermain, teman sekelas, teman kantor, dsb. Karena dengannya kita bisa bercanda tawa, bermain, belajar bersama, Menyelesaikan pekerjaan, dsb.

Untuk menjaga ikatan tersebut tentunya kita harus menjaga sikap, sikap inilah sebagai penentu yang membuat orang lain atau teman merasa terkesan setiap kali bertemu dengan kamu, maka dari itu kita harus memiliki sifat yang baik.

Nah, bagi yang merasa dijauhi, pasti ada yang salah pada diri kamu sehingga tidak didekati oleh teman, tapi tenang setiap masalah pasti ada solusi, berikut penyebab kamu dijauhi oleh teman : 

1. Egois 
Mungkin kamu tidak menyadari akan hal ini, tapi sikap inilah yang paling tidak disukai oleh teman, kamu hanya memikirkan kehidupan sendiri tanpa memperhatikan keadaan di sekitarmu, seolah-olah kamu itu adalah orang yang terbaik, segala keputusan yang kamu telah buat itu yang paling baik, sehingga kamu egois dan tidak mendengarkan semua masukan atau saran dari temanmu.

2. Berpikir Negatif

Berprasangka buruk terhadap teman itu sebenarnya bukan teman yang menjauhi kamu, tetapi kamu yang menjauhi teman. dari pada kamu berpikir negatif lebih baik cari tahu yang ada di pikiranmu, apakah memang benar sesuai dengan dugaanmu itu agar terbukti kebenarannya, dan kamu jangan mudah dihasut sehinnga kamu berpikir negatif.

3. Pendiam

Menurut pepatah diam itu emas memang ini hal yang benar dalam situasi tertentu, tetapi kamu harus mengontrol sikap ini karena sikap pendiam akan menghambat interaksi dengan temanmu, bagaimana kamu ingin menjalin hubungan baik dengan teman jika kamu sulit untuk berinteraksi dengannya, jadi kamu harus pandai membedakan situasi dimana kamu harus diam atau berinteraksi dengan teman.

4. Banyak bicara
Sikap ini paling banyak ditemui, jangan pernah kamu banyak bicara kepada temanmu apalagi jika tidak dibekali dengan tindakan, pada akhirnya kamu dijauhi oleh teman dan di cap sebagai orang yang OmDo (Omong Doang), alangkah baiknya kamu lebih banyak mendengar.

Setiap temanmu berbicara dengarkan dengan baik berilah tanggapan yang positif jika itu memang merupakan hal yang positif, tetapi jika kamu memberikan tanggapan yang negatif usahakan perhalus perkataanmu jangan sampai menyela perasaannya.

5. Pembohong

Berbohong kepada siapapun itu merupakan hal yang tidak baik khususnya kepada teman, banyak sekali efek buruk yang ditimbulkan dari berbohong salah satunya yaitu hilangnya kepercayaan dari orang lain kepada kamu.

Apalagi jika berbohong karena memang kamu hanya ingin terlihat baik dimata teman selain membohonginya kamu juga dapat beban dari hal yang tidak benar itu,  maka berkatalah sesuai dengan apa yang terjadi (fakta), supaya temanmu memberikan kesan positif terhadapmu.

6. Pemarah
Marah merupakan sikap yang wajar jika kamu sedang merasa kesal kepada teman, tetapi apakah dengan cara memarahinya rasa kesal kamu hilang? tidak bukan?. Marah hanya membuang-buang tenaga dan tidak disukai oleh teman.

Jika teman melakukan kesalahan kepada kamu, cobalah untuk memaafkannya sehingga rasa kesal yang ada di benakmu akan hilang dengan seketika, sikap inilah yang disukai oleh teman.

7. Pelit

Kamu pasti tidak suka kepada orang yang pelit temanmu juga sama, lalu kenapa kita harus pelit kepada orang lain?, Memberi merupakan hal yang baik dari pada hanya sekedar meminta, jika temanmu membutuhkan pertolonganmu maka bantulah dengan apa yang kamu punya, tetapi jika temanmu hanya memanfaatkanmu maka tinggalkanlah.

8. Perhitungan

Perhitungan dalam pertemanan yaitu kamu selalu mengungkit-ngungkit apa yang kamu berikan kepada temanmu akibatnya kamu dijauhi oleh teman, dalam pertemanan kamu harus menghindari hal ini karena menunjukan rasa ketidak ikhlasanan kepada temanmu.

9. So
Ada beberapa kata turunan dari kata So yaitu:
  • So Cantik / Ganteng
  • So Kaya
  • So Pintar, dsb.
Sikap So diatas tidak disukai oleh teman, tetapi jika kamu memang cantik, kaya, pintar, dsb. Sesuai dengan keadaanmu sekarang maka tidak menjadi masalah, yang menjadi persoalan yaitu kamu berbalik fakta dengan hal ini, seperti yang saya sudah jelaskan diatas mengenai ingin terlihat baik oleh teman sehingga kamu membohongi teman dan juga diri sendiri.

10. Acuh

Jangan acuh kepada temanmu maka berbaik hatilah, tunjukkan rasa peduli kepadanya dengan begitu temanmu akan bersikap yang sama kepadamu, ingatlah segala sesuatu ada timbal baliknya.

Itulah alasan kenapa kamu dijauhi teman, untuk itu hindari sikap-sikap tersebut agar terbina kerukunan dengan sahabatmu dan menjalin persahabatan yang abadi.

Baca juga:

Tags:

0 komentar



Emoticon