Mau Langsing? Lakukan Cara Diet Alami dan Sehat ini

Semua orang berlomba-lomba ingin memiliki berat badan yang ideal terutama untuk kaum wanita , namun tidak semua orang bisa sabar dalam proses diet sehingga memilih diet ketat dengan menurunkan pola makan secara drastis dan mengonsumsi obat-obatan.

Memang cara diet tersebut tergolong cepat dan berat badan akan turun menjadi langsing, tapi perubahan pola makan drastis apalagi sampai tidak makan beresiko terkena gangguan kesehatan. 

Diet tidak harus ketat bahkan tanpa mengonsumsi obat-obatan. Nyatanya banyak cara diet alami dan sehat tanpa resiko yang mudah dilakukan sendiri.Untuk itu kamu harus mengetahui tata cara diet sehat alami tanpa resiko berikut ini :

1. Tentukan Target
Target-target kecil bisa dimulai sebagai langkah awal untuk menurunkan berat badan, jika kamu sering mengonsumsi makanan-makanan berlebihan yang beresiko menaikan berat badan, maka sekarang niatkanlah untuk berhenti atau mengurangi makanan tersebut.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi air putih, yaitu minimal 8 gelas sehari. Memperbanyak  mengonsumsi air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, miningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah dan membantu kinerja otak.

Selain air putih bermanfaat bagi kesehatan ternyata bisa menjadi cara diet alami dengan meminum air putih karena dapat menurunkan berat badan, jadi sebelum makan minumlah satu gelas air mineral sehingga porsi makan akan berkurang.

3. Meminum Air Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan buah yang kaya dengan nutrisi dan berkhasiat untuk menurunkan lemak sehingga mendukung program diet secara alami dan sehat tanpa resiko. tidak hanya itu jeruk nipis juga dapat melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga gula darah, dan lainnya.

Cara diet alami dengan jeruk nipis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. cara tersebut disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Namun ada cara diet yang paling mudah dengan mengonsumsinya pagi dan malam hari. Berikut cara mengonsumsinya :

  • Pada Pagi Hari. Setelah bangun tidur pada pagi hari, siapkan 2 buah jeruk nipis berukuran besar atau 3 buah berukuran sedang. Peras jeruk nipis tersebut untuk diambil airnya dan tambahkan dengan air hangat secukupnya. Jangan menambahkan gula pada air campuran jeruk nipis dan air hangat. Jika ingin mengurangi rasa masam, tambahkan 1 – 2 sendok makan madu murni. Minum campuran air jeruk nipis, air hangat dan madu dalam keadaan perut kosong. Cara tersebut selain dapat menetralisir penyerapan lemak pada sarapan yang dikonsumsi, juga dapat meningkatkan stamina tubuh dalam menjalankan aktifitas pada siang hingga sore hari.
  • Pada Malam Hari. Sebelum berangkat tidur pada malam hari, tepatnya setelah 2 jam lebih usai makan malam (Usahakan makan malam tidak lebih dari jam 18.00), minum campuran air jeruk nipis, air hangat dan madu sebagaimana yang dilakukan pada pagi hari. Cara tersebut akan dapat menggelontorkan lemak-lemak yang terkandung pada makanan yang dikonsumsi sepanjang hari. Termasuk mengurangi lemak-lemak yang masih tersisa di dalam tubuh secara bertahap.
4 Olahraga
Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat diet yaitu olahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh sehinnga bisa menurunkan berat badan. Olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu jogging, jalan santai, senam aerobik, atau olahraga lainnya.

5. Mengonsumsi Makanan Yang Dapat Membakar Lemak Dalam Tubuh 
Berikut adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk membakar lemak dalam tubuh secara cepat dan inilah cara diet alami tanpa olahraga:
  • Buah berry: Ada beberapa jenis buah berry yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu bluberry, raspberry, dan strawberry. Semua jenis buah berry ini rendah kalori dan mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi untuk program diet. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
  • Telur: Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet.
  • Yogurt: Yogurt meryupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin dan rendah lemak. Jika mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.
  • Teh hijau: Minuman yang banyak dikonsumsi oleh mayoritas orang adalah teh, namun jenis teh yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu teh hijau atau biasa disebut dengan teh olong. Teh hijau mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat. Jadi jika kamu ingin menurunkan berat badan secara cepat maka konsumsi teh hijau secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.
6. Mengonsumi Makanan Kaya Serat
Salah satu cara diet alami juga sehat adalah mengonsumi makanan-makanan yang kaya serat. Makanan ini dapat menurunkan berat badan secara cepat dalam waktu singkat. Makanan kaya serat dapat diperoleh dari buah dan sayuran diantaranya adalalah kentang, brokoli, bayam dan sayuran hijau lainnya, jambu biji, pir, dan pisang.

7. Mengganti Karbohidrat Biasa Dengan Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat merupakan sumber energi dan gula bagi tubuh sehingga tubuh memiliki asupan karbohidrat yang cukup. Makanan karbohidrat bisa didapat dari nasi,  mie, dan lainnya.
Ternyata makanan itu sulit diserap oleh tubuh sehingga menumpuk menjadi lemak. 

Oleh karena itu gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya. Karena akan lebih mudah diserap oleh tubuh dan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

8. Pilih Makanan Yang Diolah Dengan Cara Dikukus Atau Direbus
Akan lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang diolahnya dengan cara dikukus atau direbus daripada makanan yang digoreng. Makananan yang dikukus atau direbus mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan makanan yang digoreng dalam minyak. Apalagi makanan yang digoreng biasanya mengandug lemak jenuh dan kalori tinggi. 

9. Mengurangi Konsumsi Makanan Kemasan
Makanan siap saji, makanan kemasan, dan makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, belum lagi bahan pengawet serta garam. Jadi sebaiknya dikurangi ataupun dihindari saat kamu sedang berupaya melakukan diet sehat dan alami.

10. Mengatur Isi Makanan Di Atas Piringmu
Yang harus kamu lakukan adalah mengatur ulang makanan di atas piringmu. Intinya adalah memenuhi sepertiga piring kamu dengan makanan rendah lemak seperti ikan, daging unggas, atau daging tanpa lemak. 

Selain itu, perbanyak buah dan sayuran serta kacang-kacangan. Pilih juga sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti kentang dan beras merah. Kalau suka buah, pilih yang tidak terlalu manis seperti alpokat, tomat, dan apel.

11. Memperhatikan Pola Makan Malam
Untuk menurunkan berat badan tidak perlu untuk meninggalkan makan malam tetapi kamu perlu memperhatikan pola makan malam. Pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas sehingga hanya membutuhkan asupan energi dan gula dalam jumlah yang kecil. 

Jadi atur pola makan malam kamu dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, selain itu juga hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan jika tidak ingin perut menjadi besar (buncit).

Itulah 11 cara diet alami dan sehat tanpa resiko lakukan cara ini secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

Baca juga:

Tags:

0 komentar



Emoticon